Pemrograman Pascal (2)

January 24, 2010 at 5:15 am (Computer Programming)

Pada bagian ini merupakan suatu KOMENTAR yang tidak diproses oleh program, bagian komentar ini diperlukan untuk keperluan Dokumentasi agar program dapat diketahui maksud dan tujuannya serta bila kita suatu waktu akan menambahkan atau merubah program maka kita dapat dengan cepat mengetahui lokasi dari bagian program yang perlu kita tambahkan atau dirubah. Untuk memberikan komentar dalam pascal diberikan tanda { dan } atau (* dan *), jadi apapun yang dituliskan didalam kurung tersebut tidak akan diproses oleh program.

uses Crt;

perintah ini merupakan suatu UNIT, Unit mempunyai beberapa prosedur dan jenisnya. UNIT dalam Pascal harus disertakan untuk mengaktifkan prosedur-prosedur yang akan diprogram. Sedangkan Prosedur didalam Pascal dapat berbentuk prosedur yang didefinisikan atau dibuat sendiri oleh pemakai atau prosedur yang telah disediakan oleh Pascal. Prosedur yang didefinisikan sendiri oleh pemakai harus dideklarasikan terlebih dahulu.

Unit-unit dalam PASCAL 5.5 ada tujuh buah unit standar, ketujuh unit tersebut disimpan dalam file yang bernama TURBO.TPL. Unit-unit tersebut yaitu :

  1. UNIT System — Unit ini merupakan sebuah runtime Turbo Pascal yang mendukung semua proses yang dibutuhkan pada waktu runtime (eksekusi program). Anda akan menemui pesan error seperti ini “RUNTIME ERROR” bila Anda salah dalam memanipulasi system yang diprogramkan. Unit ini Otomatis ditambahkan oleh Pascal walau Anda tidak mencantumkan nya sewaktu meng-Compile.
  2. UNIT CRT — Unit ini digunakan untuk keperluan program dalam memanipulasi layar, dalam hal ini bisa berupa manipulasi TEKS, KURSOR, KODE EXTENDED KEYBOARD dll.
  3. UNIT Printer — Sesuai dengan namanya maka unit ini tentu saja digunakan dalam program yang berhubungan dengan printer, misalkan kita akan mencetak suatu program ke printer maka unit ini harus digunakan untuk mengaktifkan printer. Printer yang bisa didukung hanya printer jenis LPT dan COM, sedangkan printer jenis USB tidak bisa diakses karena pada waktu itu belum ada printer yang berjenis USB, kecuali printer tersebut menyediakan DRIVER untuk DOS kemungkinan printer USB bisa digunakan oleh PASCAL 5.5 ini.Contoh program yang menggunakan unit printer :

    (* Program Pencetakan Printer, Catatan dlm Pascal 5.0 keatas harus ditambahkan kata Lst *)

    Uses Printer;
    Begin
    WriteLn(Lst,’Saya sedang mencoba Printer.’);
    WriteLn(Lst,’Create By : Suryatekno©2008′);
    WriteLn(Lst,’============================’);
    End.

  4. UNIT DOS — Unit ini digunakan bila anda akan mengaktifkan prosedur-prosedur yang ada dalam DOS seperti DosVersion, GetTime, SetTime, DiskSize, DiskFree, Call, Dir, Path, Copy dan sebagainya.Contoh program yang menggunakan unit DOS :

    (* Program melihat versi DOS dan sisa Disk,
    Create By : Suryatekno *)

    Uses DOS,CRT;
    var ukuran : longint;
    Begin
    ukuran := DiskFree(0);
    ClrScr;
    WriteLn(‘Versi DOS yang Anda gunakan adalah : MS-DOS ‘,DosVersion);
    WriteLn(‘Sisa Kapasitas Harddisk Anda : ‘,ukuran,’ Bytes’);
    WriteLn;
    WriteLn(‘Tekan tombol apa saja untuk keluar’);
    ReadLn;
    End.

  5. UNIT Graph — Unit ini digunakan untuk menampilkan grafik seperti Tabel, Chart Statistik dan sebagainya. Biasanya Unit ini digunakan bila kita ingin menampilkan suatu grafik seperti pada MS-EXCEL. Bisa juga digunakan untuk membuat animasi, Game dan sebagainya.{ Program menampilkan Grafik Bar,
    Create By : Suryatekno 2008 }

    Uses Graph;
    var
    Driver,Model : integer;
    I : integer;
    Begin
    Driver := VGA;
    Model := VGAHi;
    InitGraph(Driver, Model, ‘ ‘);

    Line(20,25,20,155);
    Line(20,155,200,155);

    Randomize;
    for I := 0 to 4 do
    Bar3D(30+I*35, 154-Random(100),55+I*35,154,15,TopOn);
    WriteLn;
    WriteLn(‘Tekan Sembarang Tombol untuk Keluar’);
    ReadLn;
    End.

  6. UNIT Turbo3 — Unit ini digunakan pada pascal 3.0 sedangkan untuk pascal versi 4.0 keatas unit ini sudah tidak digunakan lagi atau tidak difungsikan. Kegunaannya adalah sewaktu anda meng-upgrade dari pascal versi 3.0 ke 4.0 atau 5.0 , Untuk latihan kita sekarang unit ini tidak kita gunakan saja.
  7. UNIT Graph3 — Unit ini digunakan untuk meng-konversi grafik yang dibuat oleh pascal versi 3.0 agar dapat digunakan oleh pascal 4.0 keatas, sama seperti unit Pascal3 unit ini pun tidak kita gunakan pada latihan kita ini sebab kita menggunakan PASCAL versi 5.5 yang lebih canggih dan lengkap.

Untuk Lebih jelasnya mengenai unit-unit ini silahkan anda buka Folder DOC yang ada pada Direktory TP. Atau bila Anda orang yang kreatif dan tidak cepat puas silahkan Anda mencari referensi-referensi dari situs atau media yang lainnya, Ini sangat saya anjurkan dan saya acungkan jempol bila Anda melakukan hal ini.

Sekarang kita lanjutkan mengenai pembahasan program perkenalan yang telah anda buat pertama kali.

var
x,y,z      :   longint;
lagi     :   char;
namak     :   string[20];

Pada bagian ini disebut VARIABLE , Semua bahasa pemrograman memerlukan variabel untuk mengetahui type atau jenis data yang digunakan oleh si programer. Pada contoh program pengenalan tersebut kita memberitahukan kepada PASCAL bahwa type atau jenis variabel yang kita gunakan untuk variablex,y, dan z bertype longint, variable lagi bertype char dan variable namak bertype String dengan panjang karakter sebanyak 20 string.

1.    DEKLARASI VARIABEL (VARIABLE DECLARATION)

Deklarasi variabel adalah suatu deklarasi yang nilai nya sudah pasti, dengan kata lain Deklarasi jenis ini tidak dapat dirubah lagi atau konstan. Pada contoh program diatas, deklarasi variabel untuk x, y dan z berjenis longint ( bilangan bulat dari -2147483648 sampai 2147483648 ) maka dalam program tersebut, hanya bisa dimasukan tipe data yang berjenis tersebut. Pada contoh diatas bila anda memasukan nilai selain tipe tersebut, misalkan anda memasukan angka A pada pada pertanyaan masukan nilai x..= maka program akan error, Nah agar tidak terdapat pesan error pada program tersebut, maka program tersebut harus ditambahkan suatu baris perintah yang berjenis logika jadi bila user memasukan nilai-nilai x,y dan z selain dari jenis tersebut maka akan dikeluarkan suatu peringatan yang memberitahukan user agar memasukan nilai untuk x, y dan z hanya bisa dimasukan oleh type variabel tersebut.

Silahkan Anda tambahkan baris perintah pada program testprog.pas diatas, agar user tidak salah dalam memasukan type data yang telah ditentukan !.

2.    DEKLARASI KONSTANTA (CONSTANT DECLARATION)

Sama seperti deklarasi variabel, deklarasi konstanta juga bersifat tetap (konstan), bedanya adalah bila dalam deklarasi variabel kita hanya mendeklarasikan jenis dari data yang harus dikerjakan, sedangkan pada deklarasi konstanta kita langsung menyebutkan nilainya. Deklarasi konstanta tidak menggunakan tanda titik dua ( : ) seperti pada deklarasi variabel tetapi menggunakan tanda sama dengan ( = ).

Contoh Program yang menggunakan deklarasi konstanta


{ Progam    : Penggunaan deklarasi konstanta
  Design By : suryatekno©2008 }

uses crt;

const
    nama = 'Amir';
    nip = 'A3110';
    gaji = 1000000;
    lembur = 50000;
begin
 clrscr;
    writeLn('Nama Pegawai : ',nama);
    writeLn('N I P : ',nip);
    writeLn('Gaji Pokok : ',gaji);
    writeLn('Uang Lembur : ',lembur);
    writeLn('--------------------- +');
    writeLn('Total Gaji : ',gaji+lembur);
    writeLn;
    writeLn('Tekan tombol ENTER untuk keluar');
 readLn;
end. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: